Toilet Training

Toilet training adalah salah satu masa sulit yang harus dilewati pada anak. Belum ada patokan yang jelas untuk mendidik anak agar mau buang air ke kamar mandi dan melepaskan popoknya dengan sukarela. Ada yang melakukannya pada usia 2 tahun, 3 tahun, dll. Jika anak dan ibu sudah siap, toilet training perlu segera dilakukan. Ini adalah salah satu pendidikan yang penting, mengajarkan pada anak tentang kebersihan dan kesehatan. Beberapa tips agar anak lebih mudah menjalani toilet training:
1. Doa dan kesabaran ibu agar diberikan fisik dan mental yang kuat dalam menghadapi tingkah laku anak yang ajaib di masa ini.
2. Suasana yang tenang , tidak emosional agar anak tidak stress dalam melakukan toilet training
3. Kesiapan anak dalam menghadapi toilet training. Umumnya anak perempuan memiliki kemampuan untuk belajar toilet training lebih cepat secara fisik dibandingkan anak laki laki. Anak yang suka denagn kebersihan lebih mudah. (Didikan tentang kebersihan sebaiknya dilakukan sejak lahir misalnya denagn mengganti popok anak yang sudah basah secepatnya, menjaga kebersihan dan kebaikan makan minum anak, disiplin waktu mandi, dll).
4. Disiplinkan jadwal ke kamar mandi pada anak per beberapa jam sekali… tapi jangan terlalu ketat agar anak tidak stress. Atur juga pola makan dan minum anak serta jadwal makan minum anak. Kemungkinan anak untuk buang air llebih besar ketika sudah makan, minum, mau tidur ataupun bangun tidur.
5. Amati tingkah laku anak, anak yang ingin ke kamar mandi biasanya menunjukkan tingkah laku yang khas seperti memegang celana, berjalan ke dekat kamar mandi, diam tiba tiba, dll.
6. Beri reward pada anak yang berhasil buang air di kamar mandi
7. Selalu latih verbal anak agar dia terbiasa memberi tahu jika ingin buang air.
8. jangan pernah panik, ini akan menambah stress pada anak
9. Selalu siapkan alat alat pembersih di dalam ruangan agar segala kotoran yang dikeluarkan pada anak cepat dibersihkan dan tidak menyebar ke dalam rumah.
10. Periksa kondisi lahiriah anak, ada anak yang memang memiliki kesuliatan untuk mengendalikan kandung kemihnya. Lakukan pijat sederhana, pilihlah makanan yang sehat, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: