Menghindari Tantrum pada Toddler

Usia 2 tahun memang banyak cerita… dibutuhkan energi tambahan bagi seorang pengasuh untuk membesarkan anak di usia 2 tahun….Tantrum dan tingkah laku tidak terkendali adalah hal yang sering dijumpai pada anak usia 2 tahun dan itu termasuk normal menurut psikologi perkembangan anak…. Jika sudah terjadi hadapi saja… yang penting jaga agar suasana tetap nyaman aman dan terkendali….pengasuh tidak boleh terpengaruh oleh suasana seperti ini dan terbawa emosi karena hal itu akan berpengaruh pada perkembangan emosi anak. Lebih nyaman lagi jika tantrum dapat dihindari sebelum terjadi….
Mungkin tips di bawah ini dapat digunakan untuk menghindari tantrum:
1. Periksa kebutuhan dasar anak seperti makan minum, istirahat dan bermain. Jika kebutuhan ini belum cukup anak bisa menjadi usil atau mudah marah.
2. Hindari suasana yang dapat memancing keributan seperti kakak yang sedang bad mood, mainan yang terlalu sulit untuk dimainkan, suasana yang kurang nyaman bagi anak, suasana asing, dll.
3. Periksa seluruh rumah, lindungi anak dari benda benda berbahaya, sembunyikan atau pisahkan anak dari benda benda menarik tapi berbahaya untuknya seperti obat obatan, kosmetik, benda tajam, benda elektronik, dll.
4. jaga agar suasana rumah tetap nyaman, penuhi rumah denagn kegiatan bermanfaat, pilihlah hiburan yang tepat dan menenangkan hati seperti memilih nasyid yang mendekatkan diri pada Tuhan, membaca Alquran, tahlil, dll.
5. jaga kebersihan dan kerapihan rumah agar selalu ada malaikat yang mendoakan di dalam rumah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: