Mutiara Pendidikan Rasulullah

Berikut ini adalah beberapa hal yang saya temukan dan saya kagumi dari sistem pendidikan yang dilakukan oleh Rasulullah. Banyak lagi hal lain yang mungkin belum saya temukan dan saya sangat senang jika mendapatkan input dari kawan-kawan.

1.1       Tujuan Pendidikan Rasulullah Adalah Mengenalkan Tuhan

Rasulullah mengenalkan kepada ummatnya tentang Tuhan sebagai pencipta, manusia sebagai makhluk. Beliau menyampaikan peran dan tugas manusia di muka bumi ini sebagai seorang hamba Allah dan juga khalifah di muka bumi ini. Ajaran dari Rasulullah ini mengubah tujuan hidup manusia dari sekadar mencari kesenangan dan kemudahan hidup di dunia menjadi sesuatu yang lebih mulia yaitu untuk mencari keredhoan Tuhan, dan memanfaatkan kehidupan di dunia untuk memperoleh kebahagiaan di akhirat.

Pendidikan Rasulullah ini menghasilkan generasi sahabat yang sangat takut dan cinta kepada Allah, yang berjuang mati matian menegakkan kalimah Allah di muka bumi.

1.2       Ilmu Yang Dikenalkan Oleh Rasulullah Sangat Berguna

Ilmu yang wajib dipelajari oleh setiap manusia agar selamat di dunia dan akhirat adalah ilmu aqidah,syariat dan tasawuf. Ilmu ini kurang lebih berisi tentang: keyakinan pada Tuhan, bagaimana berperasaan yang tepat kepada Tuhan, bagaimana beribadah pada Tuhan untuk mencari keredhoanNya. Jika seluruh manusia telah menghayati dan mengamalkan ilmu ini lahirlah masyarakat yang damai, tidak ada kepentingan diri, tindakan kekerasan, penipuan, dll. Lahirlah generasi yang jujur, berani, sabar, tawakal, tegar menghadapi berbagai masalah, dan terus memperbaiki diri demi kemajuan ummat.

Selain ilmu ilmu yang wajib dipelajari setiap individu, terdapat pula ilmu lain yang bersifat fardhu kifayah dan mubah. Ilmu ini bersifat pendukung yang mempermudah manusia dalam kehidupannya sehari hari. Karena ilmu ini dapat mempermudah kehidupan manusia terutama dalam beribadah, ilmu ilmu ini pun sangat dianjurkan untuk dicari.

1.3       Ilmu Tidak Dibatasi

Allah telah meninggikan derajat orang yang berilmu dibanding manusia biasa. Kewajiban menuntut ilmu berlaku pada siapa saja tidak perduli apakah dia miskin, kaya, pandai, terpandang dll. Orang yang telah memiliki ilmu diminta untuk mengamalkan dan menyebarluaskan ilmu yang telah difahaminya, tanpa imbalan apa pun semata mata untuk mencari keredhoan Allah.

Rasulullah tidak mengadakan seleksi ketat ataupun ujian masuk dalam memberikan ilmu. Rasulullah tidak membatasi banyaknya ilmu yang akan diberikan. Semuanya bergantung dari kesungguhan si penuntut ilmu dalam mencari mengamalkan dan menghayati ilmu yang diberikan oleh Rasulullah.

 

1.4       Ilmu Dapat Disampaikan Kapan Saja

Rasulullah menyampaikan ilmu dalam bentuk formal seperti dalam majelis atau dalam bentuk informal seperti ketika makan, ketika bermusafir, dll. Ini menunjukkan bahwa pendidikan dapat berlangsung dalam waktu 24 jam di mana saja kapan saja.

1.5       Rasulullah Menggunakan Pendekatan Taqwa Dalam mencari Ilmu

“Hendaklah kamu bertaqwa kepada ALLAH nescaya ALLAH akan ajar kamu”.QS Albaqarah 282. Allah adalah Pemilik dari segala sumber ilmu, baik ilmu ilmu lahir dan ilmu batin. Orang yang dekat denagn Allah akan dianugrahi berbagai macam ilmu yang bermanfaat bagi dirinya dan ummat. Contohnya Nabi dan Rasul. Nabi dan Rasul memiliki ilmu yang snagt banyak mulai dari ilmu agama, ilmu hikmah teknologi, dll. Al Quran telah menunjukkan bahwa Nabi Idris adalah seorang Nabi yang pertama kali mengenalkan cara membuat kain, Nabi Daud menguasai ilmu tentang logam dan membuat baju besi, Nabi Nuh adalah seorang tukang kayu yang handal, bahkan Nabi Ibrahim mendapatkan petunjuk dari Allah ketika membangun Kaabah bersama sama denagn Nabi Ismail.

Denagn pendekatan taqwa Allah membagikan ilmu denagn rahmat dan berkah, ilmu yang didapat dengan pendekatan taqwa membawa berbagai kebaikan dan keselamatan baik bagi penuntut ilmu dan ummat.

1.6       Mengamalkan Ilmu Adalah Wajib

Rasulullah telah memberikan satu rahasia tentang pentingnya mengamalkan ilmu. Mengamalkan ilmu bukan suatu anjuran atau kewajiban saja. Allah telah mempersiapkan hadiah kepada orang orang yang selalu mengamalkan ilmu yang telah diketahuinya.  Jika kita mengamalkan ilmu yang telah kita ketahui Allah akan memberikan lagi ilmu ilmu lain yang bermanfaat. Seperti pada Sabda Rasulullah: “Barangsiapa yang mengamalkan ilmu yang dia tahu. Nanti dia akan dipusakakan ilmu yang dia tidak tahu”.

1.7       Rasulullah Sangat Memperhatikan Anak Didiknya

Rasulullah selalu mendoakan anak didiknya dan doa Rasulullah selalu dikabulkan oleh Allah. Beberapa sahabat ada yang memiliki kemampuan luar biasa karena doa dari Rasulullah seperti Abu Hurairah yang memiliki daya ingat luar biasa dalam menghafal hadits, Saad bin Abi Waqqash yang panahnya tidak pernah meleset dan doanya selalu dikabulkan Allah, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: