Ilmu-Ilmu Dasar Yang Perlu Dipelajari Setiap Anak

Ilmu yang wajib adalah ilmu fardhu ain, setelah itu ilmu fardhu kifayah, ada juga ilmu yang sifatnya mubah. (Mubah dapat menjadi ibadah jika sesuai denagn 5 syarat ibadah). Ada juga ilmu yang haram untuk dipelajari seperti ilmu yang tidak bermanfaat bahkan lebih banyak memberi keburukan dibanding kebaikan contohnya: ilmu sihir, ilmu nujum, dll.

Ilmu fardhu ain adalah Ilmu Aqidah, Syariat dan Tasawuf. Aqidah contohnya tentang sifat-sifat Allah, Syariat misalnya tentang shalat, tasawuf misalnya tentang adab dan akhlaq. Ilmu fardhu kifayah adalah ilmu yang perlu diketahui dalam sebuah masyarakat, yang cukup diwakilkan pada beberapa orang saja. Contohnya ilmu fiqih, ilmu yang berhubungan dengan kehidupan seperti kesehatan, ekonomi, pertanian, pengairan, dll.

Ilmu fardhu ain sifatnya wajib sementara ilmu-ilmu lain tidak bersifat wajib. Namun mengingat orang yang berilmu memiliki banyak keutamaan dan banyak memberikan manfaat bagi ummat, tidak ada salahnya jika ilmu-ilmu yang bersifat fardhu kifayah dan mubah juga diberikan pada anak. Sesuai dengan 2 peran manusia di muka bumi ini yaitu sebagai hamba Allah dan sebagai khalifah di muka bumi. Jangan sampai potensi anak yang telah diamanahkan pada kita menjadi sia-sia.

Kita memiliki waktu kurang lebih 9 sampai 15 tahun untuk memberikan bekal pada anak agar menjadi generasi yang tangguh dan mampu berjuang untuk kebaikan ummat. Beberapa ilmu yang mungkin dapat dipelajari selain ilmu fardhu ain antara lain ilmu tentang kehidupan, seperti ilmu kesehatan, olah raga seperti berkuda, berenang, memanah, kebersihan, kerapihan, pertanian, pertukangan, teknologi tepat guna, ilmu tentang P3K, memasak, menjahit, mendidik anak, bahasa, berhitung, ilmu alam terapan, seni Islam, dakwah Islam, SAR, dll. Semoga dengan bekal ilmu-ilmu tersebut anak-anak dapat langsung berperan dalam pembangunan ummat ketika mereka dewasa.

Anak-anak dengan kemampuan dan energi lebih dapat diarahkan kepada ilmu-ilmu yang bersifat mubah namun bermanfaat bagi ummat seperti ilmu dirgantara, komputer, elektro, bangunan, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: