Princess atau Srikandi

Qoutes from Understanding Comics- The Invisible Art- Scott Mc Cloud page 36
“The cartoon is a vacuum into which our identity and awareness are pulled an empty shell that we inhabit which enables us to travel in another realm…. we dont just observe the cartoon, we become it!”….

Entah berapa banyak orang tua yang masih memberikan cerita atau hiburan dari Disney Princess…Tapi ternyata di negara barat pun banyak yang mulai menolak cerita “putri impian ini”…. Hal ini bisa dibaca pada link berikut:

http://ajacks14.wordpress.com/2010/03/31/a-child-of-disney-a-happily-ever-after/
http://silencecanbeviolent.wordpress.com/2009/12/03/are-disney-princesses-a-bad-influence/
http://www.newsweek.com/blogs/nurture-shock/2009/12/01/do-disney-princesses-make-young-girls-obsessed-with-thinness.html
http://www.associatedcontent.com/article/1142336/are_disney_movies_a_negative_influence.html
http://www.sparklingadventures.com/index.php?id=667
http://juliashin.wordpress.com/2009/03/10/blogging-archetypes-and-stereotypes-project-julia-shin-and-jung-eun-chung-modern-princess/
http://lunchboxmom.blogspot.com/2009/11/princess.html

Sebagian besar penulis blog di atas adalah para orang tua dengan anak anak dibawah usia remaja, beberapa adalah psikologis dan aktivis di gereja. Kurang lebih blog mereka bercerita tentang:

  • Keresahan mereka terhadap pandangan yang diberikan para komikus terhadap wanita ideal….kenapa harus kurus, bermata besar hidung mungil dan tinggi. Konon, anak usia pra sekolah di sana banyak yang mulai berkeluh kesah tentang penampilan mereka yang terlalu gemuk, berkaki besar atau berambut keriting….
  • Kenapa hampir mereka semua terlihat tiadk berdaya dan diselamatkan oleh pangeran, lalu hidup bahagia selamanya. Ini tentu ditentang habis habisan oleh kaum feminist…:)
  • Selalu ada perubahan yang drastis dan ajaib pada setiap tokoh utama: yang miskin menjadi kaya, yang buruk dan buas menjadi ganteng dan keren, dari kodok jadi pangeran, dari ikan duyung jadi manusia, dari koma, nyaris mati menjadi hidup…. beberapa karakter berubah dengan cara cara” magic”
  • Mengutip komentar di sini (http://www.sparklingadventures.com/index.php?id=667) :  “will young girls watching these films receive the message that seducing kissing boys is something that can wait until they’re much older?” kalau dihitung tokoh yang masa depannya berubah dengan sebuah ciuman, tidak cuma satu…..
  • Prototipe cara berdandan seorang putri, mahkota, rok lebar, aksesori, baju seksi, dll, ternyata berpengaruh pada cara seorang anak berpakaian atau cara anak bermain dengan boneka bonekanya…
  • Tokoh antagonis kadang diperankan oleh orang tua: ibu tiri yang jahat, bapak yang overprotektif, dll, sementara tokoh utama digambarkan sebagai seseorang yang merindukan perubahan dan menolak segala sesuatu yang bersifat kolot….
  • Beberapa orang tua yang prihatin merindukan tokoh wanita yang smart, pandai, penolong dan tidak terpaku pada satu jenis prototype bentuk fisik wanita ideal….apakah ini menyelesaikan masalah mereka? belum tentu…

Masih banyak lagi yang bisa dibaca melalui link di atas….

Dalam Islam, tokoh tokoh wanita digambarkan secara sederhana dan bersahaja… bukan berarti mereka tidak ada yang cantik… banyak yang cantik, tapi kecantikannya tidak ditonjolkan…bukan berarti tidak ada yang cerdas, banyak yang cerdas, tapi juga tidak ditonjolkan… tokoh ini berasal dari berbagai golongan, tingkat kecerdasan mungkin berbeda, ada yang super cantik ada yang cantik seperti orang biasa saja ( semua wanita itu pada dasarkan Allah jadikan cantik… betul kan??..janganlah kita menghina ciptaan Allah….)….Tapi yang mengagumkan dari mereka semua adalah kesabarannya, keteguhannya mempertahankan keimanan, kepatuhannya pada Tuhan…

Ya Tuhan, kirimkan lah rasa cinta ini pada tokoh tokoh wanita dalam Islam seperti Siti Khadijah, Siti Aisyah, Siti Fatimah, Siti Asiyah, Sumayyah, Khaulah al Azwa, Siti Masyitoh, Siti Maryam, Siti Sarah, Siti hajar, Siti Hawa, dll yang telah memberikan cahaya pada dunia…. Lahirkanlah kembali tokoh tokoh seperti ini dalam generasi Islam….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: