Melihat Kodok Kawin

Cerita ini sudah lama ku alami bersama anak anak. Awalnya mereka melihat belalang bertumpuk tumpuk di kebun rumah. Yanti dengan rasa ingin tahunya bertanya, “ bu itu belalangnya lagi apa sih? “ … karena sedang sibuk di dapur, pertanyaannya agak agak teracuhkan. Yanti melanjutkan komentarnya, “ Bu kayaknya si belalang lagi kawin deh… Kiyah, mau lihat belalang kawin nggak???” Kiyah dengan cepat berlari, “Mau mau… mana mana…. hi hi hi lucu ya…ihh mereka kawin kawin kawin…” lalu keduanya asyik menonton sepasang belalang tersebut… wah wah ini gak boleh didiamkan begitu saja…..Setop dulu pekerjaan di dapur. “Udah belum lihatnya?.. “ gitu komentarku…. dua anak itu tetap saja memelototi belalang sambil berteriak ribut…. “Dah udah, jangan lama lama…. kasihan belalangnya”.. gitu komentarku seadanya… “Kasihan kenapa bu? kita kan cuma pingin lihat aja….”….. “Kasihan, kalo anak anak ribut begitu dia gak jadi deh kawinnya.. kalau gak kawin ntar gak bisa bertelur dan gak ada belalang kecil yang menggantikan dia kalau udah mati….” “O jadi gak boleh ribut ya…”..”Gak boleh dilihat lama lama juga… kalau mau lihat sebentar aja, atau diintip jangan sampe dia tau…” “Kenapa kok dia gak mau diliatin?”…. “Memang begitu sunatullohnya…. perkawinan itu sesuatu yang besar… hebatkan Allah, dari perkawinan, bisa ada bayi bayi kecil yang lahir menggantikan yang sudah besar. Jadi itu mesti dilakukan dalam keadaan tidak ribut, dan gak boleh diliatin ama yang lain….kalau diplototin kayak gitu dia gak mau kawin deh….”… dah titik…. cuma itu yang bisa kukatakan pada anak anak.. Lucunya waktu berjalan jalan di Play ground dekat rumah, mereka menemukan kodok bertumpuk juga di pinggir jalan. “Kakak… ada kodok kawin…” Kiyah berteriak.. Si kakak langsung mengatur nada suaranya” Kiyah, didekat binatang yang sedang kawin kita gak boleh ribut ribut…..kasihan dia, bla bla bla…” he he he……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: