Pendidikan Akhlaq Bukan Basa Basi

Sampai saat ini saya belum menemukan ada institusi pendidikan yang betul betul serius mendidik akhlaq muridnya.  (kalau ada yang sudah menemukannya, silahkan kabari saya ya).  Biasanya bintang penghargaan jatuh pada anak anak yang cerdas, berprestasi atau anak yang kreatif… tidak ada yang bertanya tanya bagaimana akhlaq anak tersebut dalam kehidupan sehari hari…. bagaimana ia berkasih sayang pada adiknya, bagaimana ia hormat pada orang tua dan gurunya, apakah ia anak yang suka menolong, pemurah, dll.  Mungkin mudah saja menyuruh anak untuk berbuat baik selama anak itu dalam pengawasan kita, tapi apakah kita yakin ia akan melakukan hal yang serupa jika kita tidak ada?

Sebagai orang tua, tanggung jawab mendidik anak bukan untuk memastikan apakah ia nanti akan mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang layak kelak, tapi juga untuk menyelamatkan kehidupannya di akhirat nanti. Anak yang berprestasi dan kreatif belum tentu terjamin kehidupannya di akhirat, masih banyak proses yang harus dilalui sampai ia betul betul mendapatkan tempat yang baik disisi Allah Swt. Jika ia betul betul cinta kepada Allah Swt, maka ia akan berbuat apa saja untuk Allah dan hal ini akan tercermin dalam akhlaqnya sehari hari. 

Anak yang terdidik rohaninya, tidak akan terpengaruh oleh lingkungannya. Baik dalam kondisi yang menyenangkan baginya ataupun tidak , ia akan tetap berakhlaq, karena ia melakukan hal tersebut untuk Allah, bukan untuk bapak ibunya, bukan karena takut, bukan karena ingin pujian, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: