Didikan Puasa Untuk Anak

Bulan puasa memang berbeda dari bulan lainnya. Setidak-tidaknya itu yang dapat dilihat secara lahiriah oleh anak-anak kita. Kalau tadinya ada acara makan siang bersama, maka di bulan puasa semua orang dewasa yang dilihatnya di rumah hampir tidak ada yang makan. Kalau biasanya habis shalat Isya, ada yang membereskan rumah, cuci piring, atau menemani anak anak tidur, maka di bulan puasa sehabis shalat Isya ada yang melakukan shalat tarawih di mesjid ataupun di rumah. Kalau biasanya jam 3 pagi masih sepi sekarang sudah banyak keributan duk duk duk dari mesjid membangunkan orang orang untuk sahur…. meriah sekali, walaupun kita tidak bercerita apa apa tentang puasa, di negeri Indonesia yang sebagian besar beragama Islam ini akan terasa bedanya……

Dari suasana yang berbeda ini kita dapat bercerita pada anak betapa Allah memberikan banyak hadiah dan kasih sayang di bulan Ramadhan. Kenapa tidak…. pada bulan ini orang orang diberi pelajaran untuk mengendalikan hawa nafsunya secara rutin…. dengan bantuan dari Allah pada bulan ini pula setan setan dibelenggu sehingga (seharusnya :)) menahan nafsu menjadi lebih mudah…. manusia juga diberikan hadiah berlipat lipat ganda atas amal yang dibuatnya lebih dari hari biasa sehingga banyak yang berlomba lomba melakukan amalan seperti tadarus, shalat sunat, bersedekah dan lain lain….Pada bulan Ramadhan pula banyak terjadi peristiwa peristiwa besar ( misalnya turunnya wahyu pertama untuk Rasulullah di gua Hira) dan kemenangan kemenangan yang diberikan pada orang Islam seperti kemenangan di perang Badar…..

Dari banyaknya hadiah yang diberikan oleh Allah di bulan Ramadhan, semoga anak anak kita menyadari betapa besar kasih sayang Allah pada manusia dan juga merasakan betapa nyamannya dan indahnya suasana di bulan Ramadhan. Semoga ketika ia besar kelak ia tidak akan pernah menyia nyiakan kesempatan yang Allah berikan di bulan Ramadhan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: