Mengasuh Anak umur 2, 4 dan 7 Tahun

Anak anak memang…..hhh biasa lah, sepertinya kalau anak umur 7 tahun, 4 tahun dan 2 tahun dikumpulkan tanpa ada kegiatan yang jelas lalu ditinggalkan begitu saja… wah wah langsung bubar jalan :)) Di rumah, masing masing membawa gayanya sendiri sendiri… Kiyah, 4 tahun, dia lebih suka memilih permainannya sendiri daripada diarahkan…. kalau Yanti 7 tahun lain lagi, dia juga bisa main sendiri, tapi dia lebih suka bermain denagn Kiyah bersama sama, atau kadang dengan gaya ‘kaka yang lebih senior🙂’ dia memberikan ide ide yang dia rasa lebih cemerlang terhadap apa yang dikerjakan oleh Kiyah…belum lagi kalau apa yang dilakukan oleh Kiyah tidak sesuai denagn aturan…. (Kiyah lebih suka melakukan sesuatu yang sama sekali lain dari apa yang biasa dilakukan orang, sementara Yanti sangat teratur dan sistematis) tentu saja ini terkadang menimbulkan gesekan gesekan….

Nurul, 2 tahun, dia juga masih suka bereksplorasi, jadi dia sangat tertarik denagn apa yang dilakukan oleh Kaka Kiyah, sayangnya dia tidak selalu dilibatkan dalam permainan si Kaka Kiyah…ini juga berakhir dengan keributan…

Biasanya kaka Yanti mulai menerima dan mengerti jika diberi pengarahan, cuma jika ini dilakukan dalam keadaan yang sedang memanas.. tak ada gunanya, lebih baik mulai mengarahkan ketika bentrokan belum terjadi daripada nasi sudah menjadi bubur…:) jadi ibu mulai menjadi ‘wasit’ ketika kegiatan mulai mengarah pada bentrokan bentrokan….

Sementara Nurul memang belum bisa di beri pengertian dengan kata kata, apalagi biasanya yang namanya nasehat itu terdiri kata kata yang abstrak, bukan benda yang langsung terlihat…. (maklum, usia 2 tahun belum terlalu mengenal perbendaharaaan abstrak, mereka masih suka denagn hal hal yang bisa dilihat saja)….jadi memang antara Nurul dan kaka kakanya harus langsung dipisahkan.

Ketika sedang membuat ornamen ornamen Islamic bersama sama (didapat dari e book Islamic Art dan Geometric Design) , Kaka Yanti membuat elemen segi 8 yang dihias dengan bunga dan bentuk floral lain…. sementara Kiyah yang dibantu si Kaka Yanti membuat segi 8, menyelesaikannya dengan menggambar orang sedang memancing ikan dengan pola yang berulang….melihat hal tersebut, Nurul langsung tertarik deangn kedua kaka nya dan ingin ikut bermain bersama sama (masalahnya di sana ada jangka, cukup riskan untuk anak umur 2 tahun)…. akhirnya Nurul dipisah dari kumpulan..

Kaka Yanti, melihat gambar Kiyah, langsung mendapatkan ide bagus… lalu dia membujuk bujuk adiknya, “eh Kaka bisa bikin gambar Kiyah lebih bagus lagi… mau gak digambarin sama Kaka?”…. Di sini, ibu yang mulai melebarkan mata serta memanjangkan kuping…:))

Alhamdulillah waktu itu Kiyah sedang dalam mood yang baik, jadi ia mengizinkan kakaknya…. jadi apakah yang Yanti gambar?? kaka yanti menggambar dirinya sedang memancing ikan yang paling besar, yang ada disebelah kumpulan orang orang yang sedang memancing… ada ada saja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: