Belajar dari Doa Taubat Nabi Yunus

QS Al Anbiya: 87

“Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang orang yang zalim. ‘”

Di sela sela kantuk sebelum tidur siang, ibu berbincang bincang dengan Yanti (7 tahun)… Belajar apa hari ini ya? Anak anak terlihat sedang butuh hiburan, jadi silahkan menyingkir dulu Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Matematika.. mari kita berhibur. Semoga Guru ku memberi panduan dalam perbincangan ini…..

“Yanti heran nggak, kenapa sih sampai Nabi Yunus bertaubat di dalam perut ikan paus, memangnya dia salah apa?”

Ada beberapa jawaban dari si anak, tapi semuanya kurang memuaskan……

Akhirnya Yanti berkata, “Nggak tahu Bu.. tapi kalau di film Ikan Nun (kisah Nabi Yunus), setelah keluar dari perut Ikan Paus itu Nabi Yunus makan labu di pulau, terus begitu ketemu dengan kaumnya, semua kaumnya mendadak jadi baik, banyak bangunan yang bagus bagus, semuanya jadi senang, padahal Nabi Yunusnya nggak ngapa ngapain.

“Begitulah hebatnya seorang Nabi…. Nabi Yunus itu merasa berdosa karena banyak dari kaumnya yang belum paham paham juga dan belum mau juga tunduk kepada Allah….”

Yanti berkomentar, “Kok bisa, ya, padahal Nabi Yunus kan sudah mengingatkan kaumnya berkali kali, jadi dia nggak salah, kan Bu? Kalau dia salah, nggak mungkin dia jadi Nabi kan?!!”

“Kita nggak bisa memberi nilai benar atau salah pada Nabi karena apa yang kita fikirkan dan apa yang kita rasakan tidak sama denagn apa yang Nabi Yunus rasa dan fikirkan terhadap Tuhan. Seorang nabi memiliki rasa berTuhan yang jauh lebih besar dibandingkan manusia biasa…..” hmmm ngerti nggak ya, anak ini??? Baru 7 tahun kan Bu…..

“Tapi Bu, setelah Nabi Yunus bertaubat, semuanya jadi berubah baik yaaa….”……Yanti menambahkan.

“Betul, coba kenapa kaumnya berubah jadi baik? Siapa yang mengubah hati kaumnya itu? Jawabnya tentu saja Allah”…. Si Ibu kembali ceria dan nggak ngantuk lagi….”Jadi kalau kita menghadapi suatu masalah dan masalah itu nggak selesai selesai, jangan cepat cepat menyalahkan orang lain sebagai penutup masalah kita….Untuk orang bertaqwa, Allah akan bantu menyelesaikan masalahnya, itu mudah saja bagi Allah. Kalau sampai Allah tidak membantu kita, berarti kita belum layak dibantu, berarti kita masih banyak dosa, berarti kita masih harus terus bertaubat dan memperbaiki diri kita sendiri…. Jangan salahkan orang lain. Yang menjadikan orang orang begitu, itu Allah juga, sebagai pelajaran untuk kita….”….udah tidur belum ya, si Yanti…..? rupanya masih bangun. Coba berikan lewat contoh.

“Misalnya, Yanti suka tegur Kiyah kan, kalau Kiyah belum cuci tangan, atau ambil mainan Yanti belum izin, dll…..Terus si Kiyah, nurut nggak?”… “Kadang nurut, kadang nggak.. tapi banyaknya enggak sih…..”

“Kalau Kiyah nggak nurut, Yanti ngapain, marah?”……si Yanti diam….

“Nah, kalau mau ikut jalannya Nabi dan Rasul serta orang bertaqwa, Yanti harus banyak bertaubat dan memperbaiki diri… kalau Yanti marah, Tuhan nggak akan mau bikin Kiyah nurut sama Yanti karena Allah nggak suka sama orang yang marah…. Lihat saja Rasulullah. Rasulullah nggak pernah marah walaupun Rasul disakiti oleh orang kafir Quraisy… malah Rasul mendoakan yang baik untuk mereka dan keturunannya…..Kalau Yanti buat seperti itu Insya Allah, Kiyah akan Allah buat jadi baik… Yanti pun jadi disayang oleh Allah…. Begitu caranya orang bertaqwa bisa mendapat banyak kemenangan…..Coba yuk sekarang ngaji QS An Nashr….”….

Begitulah cerita di siang hari ini….semoga apa yang kuceritakan pada anakku tidak salah… semoga Guruku memberkatinya, semoga Allah meredhoinya, Amiin.

4 Komentar to “Belajar dari Doa Taubat Nabi Yunus”

  1. Nabi Yunus didalam perut Ikan selalu berdoa dengan La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu min adh-dhalimin

  2. Sama dan persis seperti tulisan paling atas WP saya.

  3. Pak Mubaraq, “Sama dan persis seperti tulisan paling atas WP saya.” -> URLnya yang mana ya, saya cari di http://mubaraq.wordpress.com/ kok tidak ketemu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: