Ghaib Dalam Pendidikan

Ini sebetulnya hanya komentar saya karena terlalu asyik membaca topik anak indigo hasil surfing di Google. Di dunia barat sendiri sepertinya ada 2 kubu, yaitu kubu yang semangat tentang masalah masalah metafisis– ada yang sampai menjelajah ke kitab kuno orang aztec, membuat berbagai teori tentang kematian, ada juga yang skeptic- semua harus dijelaskan secara ilmiah. (maksudnya secara scientific). Kalau di Indonesia, masalah masalah ghoib dan mistik sih, sudah biasa, kita punya kuda lumping, tari ronggeng, peramal dari kelas amatiran sampai yang ‘branded’.

Kayaknya (ini spekulatif lho, jangan langsung diikutin yak), dunia barat pasang bendera putih kalau sudah menyangkut masalah ghoib dan mistik. Sampai sekarang saya belum menemukan paper atau teori yang dapat menjelaskan hal-hal yang bersifat ghaib dan mistik (ada yang bisa memberikan info mengenai ini?). Lucunya film film yang ngetrend di sono itu film yang agak agak mengarah ke dunia itu seperti Harry Potter, Lord of The Ring, dll. Terus yang saya pernah ketahui juga, di zaman saya sekolah dulu, riset riset tentang hal hal berbau kebudayaan indonesia yang rada rada ghoib itu lebih mudah mendapatkan dana dibanding riset yang bersifat fisik saja. Di Indonesia, walaupun kita sudah terbiasa dengan hal-hal yang aneh tapi nyata, secara keilmuwan pun belum ada back up.

Ini dia perbandingan fenomena ghoib di Indonesia dan Barat

Perbandingan fenomena ghaib di dunia film

  • Indonesia: kata kunci di judul film Indonesia berbau mistik adalah: tuyul, kuntilanak, hantu, dll.
  • Barat: Legend, Harry Potter, Magic, Lord of The Ring

Perbandingan fenomena ghaib di dunia hiburan

  • Indonesia: Kuda lumping, ronggeng, dll
  • Barat: Sulap

Perbandingan fenomena ghaib di dunia pakar:

  • Indonesia: Dukun, tukang ramal amatiran sampe profesional
  • Barat: Paranormal, dll.

Dari fenomena tentang dunia ghoib ini, sepertinya belum ada penjelasan (secara scientific) tentang hubungan antara ilmu ilmu fisik dan ghoib ini. Anehnya perkara-perkara seperti ini ada dan seharusnya ada pula body of knowlegenya, tapi dimanakah posisinya dan seperti apa mindset yang dipakai? Dari rasa ingin tahu yang besar itulah banyak orang barat yang menggali kitab kitab kuno, semua diaduk aduk, dari suku Aztec, Inca, Maya dan entah apalagi.

Beruntung kita sebagai orang Islam telah memiliki referensi yang akurat mengenai hal ini, yaitu bersumber dari Qur’an dan Hadits. Dalam islam perkara perkara ghoib ini memang ada, bahkan ada berbagai macam. Selain alam semesta yang nyata, Allah juga menciptakan alam yang tidak kelihatan, seperti alam ruh, alam malaikat, alam jin, alam jamadat, dll. Pada semua alam ini berlaku sunatullah sesuai dengan kehendak Allah.

Masalah kewaskitaan (dapat melihat masa depan ) yang digembargemborkan dalam wacana anak indigo ini sudah biasa dalam Islam. Contohnya:

Rasulullah

Sering kali Baginda bercerita tentang apa yang dilihatnya dimasa datang, mulai dari masa depan para sahabat, (ada yang sejak kecil sudah disebut akan menjadi perawi hadits, akan mendapat rezki yang banyak, juga termasuk kematiannya- ada yang mati sendirian, ada yang mati ketika sudah bertemu fulan bin fulan, ada yang mati dibunuh orang munafik, dll), juga masa depan umat islam ( Islam akan menaklukkkan Persia, Romawi, dan (the hottest one I could ever think) – Kebangkitan Islam di Akhir Zaman).

Nabi-nabi

Nabi Isa a.s, sejak bayi dapat berbicara ( sebenarnya selain nabi Isa a.s. , ada juga beberapa bayi bayi lain yang juga dapat berbicara). Ketika masih kecil mampu bercerita pada kawan-kawannya apa yang dimasak oleh ibu kawannya, apa yang disimpan ibu kawannya, bahkan mengetahui siapa pencuri tetangganya.

Nabi Daud.

Beliau mampu membunuh Jalut (Goliath), bukan hanya karena pandai memanah saja, tapi karena mendengar batu berbicara bahwa batu itu (dengan izin Allah) mampu menaklukkan Jalut.

Para Sahabat Nabi Muhammad s.a.w

  • Sayidina Abu Bakar mengetahui keadaan keluarganya ketika beliau telah wafat.
  • Sayidina Umar bin Khatab mengetahui ada keturunannya yang akan menebar kedamaian di bumi (Umar bin Abdul Azis) lengkap dengan ciri cirinya. Beliau juga pernah memberikan perintah pada panglima perangnya yang sedang berperang di tempat yang jauh (Sariyah) dari madinah, dan panglima ini kelas kelas mendengar suaranya di medan perang.
  • Sayidina Ali pernah memberikan gambaran yang sangat akurat mengenai peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau yang menyebabkan beberapa pendeta Yahudi masuk Islam.

Para wali, ulama dan orang soleh

  • Rabiah al Adawiyah. Kelahirannya yang terjadi di gubuk miskin dan tidak ada apa apa (bahkan setetes minyak untuk mengolesi pusarnya pun tidak ada). tapi kelahirannya ini dirayakan besar-besaran oleh pemimpin di daerahnya.
  • Imam Syafii, hafal Quran di usia sangat muda dan mendapatkan petunjuk agar mendalami ilmu ilmu agama ketika sedang membantu pekerjaan orangtuanya.
  • Syaikh Abdul Qadir Djaelani, tidak pernah berbohong bahkan pada perampok. Sudah pernah bertemu dengan ibunya ketika belum dilahirkan.

Masih banyaaak sekali fakta tentang Rasul, Nabi dan wali wali yang mengalami hal hal yang aneh bin ajaib dalam masa hidupnya (silahkan cari kisah kisah ini di Tazkiratul Awliya, dll). Dari apa yang pernah mereka alami, yang sangat mengagumkan adalah dengan kemampuan yang luar biasa tersebut, mereka semakin dekat dengan Allah, semakin cinta dan tunduk dengan Allah. Tidak ada rasa sombong, membesarkan diri, atau rasa lebih dari yang lain. Hal ini karena kemampuan luar biasa itu adalah ‘bonus’ yang didapat dari Allah karena mereka selalu bersungguh sungguh dengan Allah. Jadi, silahkan menempuh jalan ini jika mau selamat. Mau anak indigo, atau anak pintar, atau anak anak polos biasa saja, yang paling penting, kenalkan Anak pada Tuhan. ia akan selamat dunia akhirat.

Tapi ngomong ngomong, ini belum menjelaskan kenapa para dukun dan orang orang yang bukan wali (bahkan kelihatan dari kelakuannya jelas-jelas bukan wali) itu ada yang dapat juga ilmu ilmu seperti ini. Ilmu itupun dari Allah, tapi Allah berikan bukan dengan rahmat dan kasih sayangNya. (silahkan lihat di artikel "Antara amalan sufi dan amalan khadam" di situs Kawan Sejati).

Tag: ,

2 Komentar to “Ghaib Dalam Pendidikan”

  1. penjelasan ini sangat melegakan bagi kami para orang tua yang memiliki anak Indigo.Bagaimanapun kami awalnya sangat khawatir & bingung ,kami tidak ingin anak kami dan anak2 indigo lainnya terkucilkan oleh orang Islam yang tidak memahami fenomena/kenyataan ini.yg jelas Allah telah menunjukkan salah satu tanda2 kekuasaanNya pada anak2 Indigo ini. Smoga makin banyak lagi penjelasan yang lebih dalam secara Islami terutama dalam mengasuh anak2 Indigo ini.

  2. Terimakasih sudah mampir ke sini… formula mendidik anak anak dalam Islam sangat sederhana, pendidikan mendasar yang wajib dikenalkan pada anak adalah: Kenalkan Tuhan ,denagn Kasih sayangNya, KebesaranNya, tumbuhkan rasa rasa cinta dan takut dengan Tuhan.

    Fenomena anak indigo ini tidak dapat dijelaskan denagn logika karena ia memiliki alam yang lebih luas daripada alam nyata yaitu alam ghaib…. Alam ghaib ini sangat luas, jika kita tidak berhati hati, kita bisa tersesat denagn tipu daya makhluk yang ada di sana….contoh kasus nya dapat dilihat di: http://hasanhusein.blogspot.com/2008/06/kisah-murid-yang-takabur.html.
    untuk dapat mengetahui dan selamat dari itu diperlukan ilmu yang cukup dan guru yang layak…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: