Indigo Child

Setelah surfing dengan google di internet, saya tidak dapat menemukan definisi yang jelas dan standard tentang anak anak indigo. Terdapat berbagai macam definisi dan uraian dari anak indigo seperti : anak anak yang istimewa, yang punya aura berwarna ungu, yang memiliki pengetahuan dan cara berfikir amat berbeda dengan anak anak lainnya bahkan orang dewasa. Yang bisa menjadi sangat kreatif, yang melakukan hal hal hebat di usia muda, beberapa orang percaya anak anak seperti ini akan menyelamatkan dunia. Bahkan gambaran mengenai anak anak indigo di Indonesia dan di luar negri berbeda.

Di Indonesia, anak anak indigo lebih digambarkan memiliki kemampuan mistik yang mampu melihat ke alam lain atau melihat makhluk lain.(lihat Kompas, 17/06/2005 Berbeda, tetapi Bukan Anak “Aneh” http://avantasia83.blogs.friendster.com/my_blog/2006/12/indigo_children.html. )Ada juga yang memberikan gelar indigo pada anak anak yang tiba tiba memiliki kemampuan luar biasa tanpa belajar dan berlatih. Misalnya: Theresia Sujanti di “Suara Pembaruan Minggu” edisi 24 November 2002 http://www.suarapembaruan.com/News/2003/01/05/Psikolog/psi01.htm.

Sementara di luar negri, ciri ciri anak indigo lebih mendekati pada sifat yang terlihat seperti: http://www.indigochild.com/

  • Percaya diri yang besar
  • Memiliki keyakinan yang besar terhadap segala sesuatu
  • Tidak menyukai rutinitas dan segala sesuatu yang bersifat standard dan prosedural
  • Sangat kreatif dan mampu menyelesaikan masalah dengan cara yang tidak standard
  • Sulit diatur
  • dll

Ada juga yang berpendapat anak anak yang divonis di Amerika: attention deficit disorder (ADD) or ADHD (attention deficit hyperactivity disorder) ternyata memiliki kemampuan khusus dan beberapa di antaranya disebut sebagai anak indigo.. http://www.skepdic.com/indigo.html. Istilah ini muncul sebagai reaksi terhadap penanganan anak anak ADHD yang selama ini dianggap terbelakang, dan banyak diberikan obat obatan penenang (penyelesaian masalah secara medis bukan psikologis), sementara beberapa berpendapat jika anak anak ini ditangani secara serius, ia akan menjadi anak anak yang luar biasa. Beberapa pendidik telah memberikan gagasan tentang bagaimana membesarkan anak anak seperti ini seperti Waldorf.

Apakah sudah ada penelitian yang jelas tentang anak anak indigo ini? Sepertinya belum ada, atau saya belum menemukannya. Apakah mereka betul betul anak luar biasa yang memiliki aura berwarna ungu? Mario Mendez-Acosta http://www.csicop.org/specialarticles/indigo-children.html mengungkapkan teori tentang melihat aura dan membuat foto aura belum dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah, banyak asumsi dan keputusan yang dibuat secara acak oleh kamera. Bisa saja seseorang memiliki 2 aura yang berbeda ketika difoto dalam waktu yang sama. Penelitian tentang anak anak yang berhubungan ke arah metafisis memang sulit dibuktikan dan cukup berbahaya karena dapat berpengaruh pada kepribadian anak. Contohnya salah satu penelitian tentang anak anak yang dapat menebak gambar. Penelitian ini tidak valid karena terbukti dari beberapa anak yang menjadi kelinci percoban mengintip gambar yang seharusnya mereka tebak. Yang dikuatirkan dari wacana anak indigo ini orang tua jadi membesar besarkan anaknya dan tidak mendidik anaknya dengan cara yang baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: