Banyolan ‘slapstick’

Anak anak adalah makhluk yang fitrahnya belum rusak. Mereka suka dengan kebaikan, bekerja sama, kasih sayang, dan hal hal lain yang sesuai dengan fitrah. Ternyata di zaman ini menjaga fitrah anak anak agar tetap baik tidaklah mudah sulit.. mungkin kita belum memberikan contoh yang baik, atau lingkungan kita tidak terjaga dengan baik… Kita perlu mengetahui apa yang perlu dihindari dan apa yang perlu dilakukan untuk menjaga anak anak kita.

Kalau kita nonton Srimulat, Mister Bean, atau banyolan banyolan lain… kita melihat banyak sekali banyolan ‘slapstick’ yang ditampilkan. Pada banyolan slapstick para pelawak melakukan sesuatu yang mengenaskan, seperti nabrak pintu tidak di sengaja, kesandung batu, dll….

kadang kadang banyolan banyolannya juga cenderung menjurus, yaitu jurusan kekasaran atau jurusan pornografi dan pelecehan seksual…. (kasihan betul nasib pelawak pelawak kita, banyak yang jadi stres karena melawak).

Kalau kita perhatikan, ketika kita tertawa karena melihat para pelawak kesandung batu.. apa yang sedang terjadi? kita melupakan sifat baik yang seharusnya kita miliki yaitu simpati dengan penderitaan orang.

Pernahkah kita melilhat anak anak kita tidak mau membantu ibunya membawakan barang, tidak mau menolong adiknya yang terjatuh, atau bahkan menertawakan adiknya yang sedang ditegur oleh ibunya ketika melakukan kesalahan..coba kita fikirkan apakah dua hal ini (banyolan slapstick dan perilaku anak) berhubungan atau tidak… jawabannya mungkin sangat spekulatif…dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya (dan saya tak mau jadi kelinci percobaannya, terlalu beresiko :))..).

Simpati, suka menolong, itu adalah hal hal yang perlu kita latih sejak kecil. Jika rasa simpati tidak kita pelihara, kita akan hidup sendiri sendiri, tidak simpati juga dapat membesarkan ego kita. Jadi, biarkan anak anak kita membangun fitrahnya yang baik dengan menolong orang, mengingatkan teman temannya akan kebaikan, berkasih sayang dengan adik adiknya… semoga sifat ini terus dipelihara sampai besar nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: