Kita Lihat Mainan Yuuk

kego.jpg

Beberapa jenis mainan anak yang pernah saya temukan adalah:

  • Mainan bongkar pasang

Ada lego bervariasi, balok kayu, robot atau helikopter yang dapat dicopot, dll.
Sabar, telaten dan waktu. Itu kata kunci ketika bermain bongkar pasang. Anak jadi merasakan sulitnya membuat sesuatu ketika bermain lego. Kesulitan ini terbayar ketika anak berhasil mewujudkan apa yang ada dalam imajinasinya. Dari sini anak belajar bahwa membuat sesuatu itu tidak mudah, dibutuhkan kesabaran, ilmu dan waktu yang cukup banyak.
Mainan ini sangat fleksibel dan dapat berubah menjadi apa saja yang diinginkan oleh anak. dari balok kayu dapat menjadi pelontar, rumah, tangga, tempat parkir, jembatan dll. Sungguh menakjubkan funia fantasi anak anak….

  • Boneka dan variasinya

Mainan untuk digendong atau di bawa, terkadang ada figur tertentu yang dibawanya seperti Dora yang periang, Barbie yang sexy, sekarang ada juga Fulla, barbie sexy berkerudung), zaman dulu ada boneka Unyil, anak desa, dll
Anak laki laki dan perempuan yang pernah saya kenal tidak ada yang menolak permainan boneka. Lucunya terkadang apa yang pernah ia lihat dalam kehidupan sehari hari dia terapkan dalam permainan boneka ini seperti cara memberi makan, cara menegur adik yang nakal, dll. Terkadang apa yang ia tidak dapatkan, juga dia perankan dalam permainan ini, seperti makan permen banyak banyak, makan kue, dll.
Kita perlu berhati hati dengan boneka yang kita pilih karena dikuatirkan akan berpengaruh pada cara pandang anak terhadap sesuatu. Misalnya boneka Barbie. Boneka ini bisa menjadi stereotip bahwa cantik itu seperti Barbie, dengan bulu mata lentik, badan sexy, bibir merah merekah, dll. Barbie juga memiliki rumah mewah denagn pakaian yang banyak. Ini dapat membuat anak berfikir, ooo caara hidup enak itu adalah punya rumah besar, mobil dan pakaian yang bagus dan banyak…..
Boneka berbentuk binatang dapat memberi banyak manfaat dan mengembangkan imajinasi…anak laki laki pun tidak malu memainkannya. Lebih asyik lagi bila permainan dihubungkan denagn cerita cerita dalam Al Quran sepertiu ikan paus Nabi Yunus, Anjing Ashabul Kahfi, dll. Boleh juga dihubungkan denagn ilmu penegtahuan tentang binatang tersebut…..

  • Peralatan orang dewasa yang diminiaturkan menjadi mainan anak anak seperti peralatan masak, peralatan memancing, pertukangan, rumah rumahan, kolam, dll.

Meniru. Itu inti dari permainan miniatur ini. Kita dapat melihat, sejauh mana ia dapat mengingat apa yang pernah kita lakukan ketika berada di dapur, atau ketika memperbaiki sesuatu. Terkadang dia meniru juga kawan, tante, eyang atau tokoh lain yang pernah dilihatnya. Terkadang dalam permainan ini mereka melakukan sesuatu yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan nyatanya sebagai anak anak. Seperti yang pernah saya temui, makan eskrim banyak banyak, memelihara kucing dalam rumah, dll.

  • Mainan habis pakai seperti balon, gelembung busa, pensil dan krayon, kertas berwarna, kertas, kembang api, juga mainan dari barang bekas seperti kardus bekas, botol minum bekas, sedotan, dll.

Dari sepotong kertas menjadi kue, komputer, handphone, dll. Itu hasil desain anak anak ketika bermain denagn kertas, lem, sedotan, dll. Kita dapat membuat kincir angin, layang layang, mainan gantung, kereta, pesawat terbang, dll dari sepotong kertas, tidak lupa ada pula origami….terkadang anak anak menciptakan origami sendiri, denagn imajinasinya.
Barang barang aneh seperti balok roket, atau kembang api, cukup menarik perhatian dan memancing rasa ingin tahu anak.

  • Air, pasir, tanah, tali, ayunan, jungkat jungkit, perosotan, dll

Permainan out door yang tidak pernah membosankan untuk anak anak.

  • Robot, mobil dan pesawat dengan batre

Kita perlu sedikit waspada ketika memilih mainan seperti ini. Biasanya mainan seperti ini adalah mainan ‘one push button’ silahkan pencet, lalu tunggu keajaiban yang terjadi…..dikuatirkan teknologi tinggal pencet ini berpengaruh pada anak anak, jadi semua ingin serba mudah dan otomatis… tak ada ‘perjuangan’ untuk mendapatkan sesuatu di sana….. Hati hati pula denagn mainan tembak tembakan atau mainan lain yang bersifat menghancurkan atau merusak… dikuatirkan anak menjadi mudah menghancurkan benda benda tanpa ada rasa bersalah….

8 Komentar to “Kita Lihat Mainan Yuuk”

  1. Alhamdulillah, kami juga melakukan hal yang sama; memproduksi mainan yang edukatif, terjangkau namun tetap aman dan akrab lingkungan, serta berbasis budaya tentunya.
    Jika berkenan, silahkan mampir di site kami: http://mainanbocah.wordpress.com, terima kasih

  2. kami produsen alat peraga tk ingin jadi rekanna kerja.gimana caranya

  3. Boleh saja…. silahkan Mail saya saja….

  4. JAGOKU EDUTOYS GROUP
    jln. Srandakan KM 5 Bantul,Yogyakarta
    Produsen APE PAUD TK/PG,dll…

    MENCARI BUYER PARTAI BESAR,… HARGA NEGO,…
    PRODUK OK,….

    CP :Agung Isnugroho A,Md.
    HP: 0815 788 12 979

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: