Memelihara Undur-undur

Yanti dan Kiyah menemukan lubang lubang kecil di teras depan rumah…. “itu adalah sarang undur undur” kata Eyang. Mereka senang sekali. “Eyang, mau lihat undur undur… bagaimana menangkapnya?” Eyangnya pun bercerita tentang undur undur.. ‘lucu sekali ya’.. Yanti sibuk bertanya dengan Eyangnya sementara Kiyah berusaha mengangkap undur undur dari sarang. “makannya apa, eenya bagaimana, anaknya seperti apa? “ banyak sekali pertanyaan dari Yanti yang waktu itu berumur 5 tahun… Yuuk kita baca cerita undur undur…- lihat ke www.antlionpit.com Di buku Alam Sekitar Kita Hans Jugenpress juga ada…

Memelihara undur-undur

Jadilah sebuah sarang berisi undur undur… Yanti memiliki 4 sarang, Kiyah 3 sarang. “Kapan ya berubah jadi capung jarum???”seperti apa capung jarum itu? ‘ hampir setiap hari Yanti berkomentar….

Akhirnya mereka mulai bosan. “Yanti, ini undur undurnya belum dikasih makan ya???”ujar tante Nur….’Iya iya… nanti Yanti ambilin semut di perangkap semut”….”Kasihan undur undurnya..nanti mereka kelaparan” ujar tante Nur… “Kiyah juga mau ambil semut…” “eh hati hati, jangan sampai semutnya mati. Ambilnya pelan pelan ya….” kata si kakak.

“Yanti, baru punya undur undur sudah lupa memberi makan… padahal Allah gak pernah lupa memberi makan makhluk ciptaanNya…dari yang paling besar sampai yang paling kecil…..” “Sampai ke semut dan kutu kutu, bu?” “Iya, sampai ke kutu kutu yang ada di seluruh tempat di bumi….”

Akhirnya hari yang ditunggu tunggu tiba… “Hei lihat, ada capung jarum… itu dari undur undur punya Yanti atau Kiyah ya???”…. Mari kita lihat sarang undur undur yang sudah berkurang yang mana yaaa…..

 

2 Komentar to “Memelihara Undur-undur”

  1. hi.. saya leeza dari malaysia.
    saya berminat mahu tahu tentang undur-undur..
    saya mahu tahu di mana habitatnya?
    bagaimana saya boleh melihat undur-undur?

  2. maaf ya, saya baru bisa balas e mail sekarang… undur undur bisa ditemukan di tempat berpasir atau tanah yang kering, beratap atau terlindung dari hujan. mungkin juga di tempat yang banyak serangganya karena ini adalah makanan undur undur. Biasanya undur undur berjaga jaga di sarangnya dengan mengeluarkan sebagian capitnya… kalau mau melihat lebih jelas, undur undur dapat diambil denagn menggunakan sekop atau sendok. Lebih jelas lagi silahkan ke http://www.antlionpit.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: