Permainan yang Membangun

Dalam salah satu buku panduan Wanita Solehah, ada salah satu panduan yang berisi:  kita harus berhati hati memilih permainan yang tepat pada anak anak. Pilihlah mainan yang sifatnya berlomba atau membangun, bukan yang berebut atau menghancurkan…..

Menurut saya, panduan itu memang sangat tepat untuk diterapkan terutama di masa ini….. semoga dengan permainan yang tepat anak anak kita dilatih untuk berbuat sesuatu, membangun dan berkarya, bukan merusak atau menghancurkan…..

Di bawah ini ada beberapa daftar permainan yang sempat saya buat bersama anak anak……saya sangat berterimakasih jika ada yang mau menambahkan ide ide atau cerita yang berkaitan dengan permainan membangun ini…. semoga anak kita menjadi anak soleh dan solehah yang dapat berjuang di jalan Allah.

Permainan balok kayu

Variasinya sangat beragam…di rumah anak anak suka membuat rumah, kandang atau juga luncuran kelereng… lucunya terkadang ini mencerminkan pribadi sang pembuat…. si sulung yang tertib teratur, rumahnya cenderung simetris, sementara No 2 selalu ingin yang ‘lain dari yang lain’…. yang ke 3 kayaknya sih mirip yang sulung……

Logistik kayu

Merapikan mainan

umar kayu

Umar ikut main kayu

perosotan kelereng

Perosotan kelereng

Lego dan susun pasang

Play dough

Lebih murah membuat sendiri… warna bisa lebih bervariasi.

Gambar menggambar

Sampai saat ini alhamdulillah anak anak tidak pernah bosan menggambar… tujuannya memang bukan untuk membuat pameran, sekedar untuk mencari hiburan……

gambar yanti

Paper craft

29970_DSC_8556_membuat_papercraftIni permainan yang masih hangat dibuat sekarang.. soalnya ibu tidak perlu banyak menghabiskan waktu menyiapkan mainan, tinggal download, lihat instruksi, rakit, jadilah…… Biasanya momen paling menarik yang ketika merakit mainan, semua penasaran ingin tahu seperti apa… kalau sudah jadi, paling dimainkan sebentar terus masuk ke kotak mainan.

Di Canon papercraft banyak yang bagus bagus.. malah lebih bagus dari yang beli jadi di gramedia……favorit anak anak yang kodok gerak gerak dari canon..

Kalau yang Yamaha pepercraft terlalu sulit untuk anak anak karena terlalu kecil. Ada lagi yang dari Epson,belum dicoba… sepertinya cukup sederhana untuk anak anak… tapi file yang didownload biasanya lebih besar dari 1 Mega.

Rumah rumahan dari eva mat, bantal,, perosotan dari kasur busa,  kemah kemahan dari kain, dll.

Cukup menghibur anak anak umur 2 sampai 7 tahun di rumah… variasinya beragam. Memang tampilannya agak butut sedikit, tapi cukup fungsional…..

Lipat melipat

Kebetulan waktu jalan jalan bersama tante Nur, kita melihat kertas origami yang berkilat…. waw langsung dibawa pulang …..kertas ini bagus untuk dibuat bintang, burung, dll dan diletakkan di tempat yang mudah terkena sinar matahari Banayk buku origami yang bisa dibuat…. si sulung dah mulai tertarik membuat yang rada sulit (tapi kalau kesulitan biasanya ngomel juga)… si No2 sukanya mendesain sendiri.

Kalau lagi butuh aktivitas fisik biasanay kita membuat kapal kapalan kertas… diterbangkan dikavling kosong dekat rumah…..atau rotocopter dan yang sejenisnya….

Tempel menempel dan gunting menggunting

Biasanya membuat kubus atau benda 3D lainnya… No 3 biasanya dibant u oleh kakak kakaknya.

Maze dan puzzle

Yang mulai suka dengan ini adalah si No 2 dan si sulung…. No3 cuma lihat dan ikut ikut saja…..

maze and puzzle

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: